Prof Rizal M. Damanik : ASN BKKBN Harus Happy dan Bangga Melayani

29 September 2023

04:51:00

Banyumas - “Pusdiklat KKB (Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kependudukan dan Keluarga Berencana) menyelenggarakan Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) sebagai salah satu upaya meningkatkan layanan pada masyarakat, karena pejabat pengawas sangat erat kaitannya pada pemberian pelayanan yang berkualitas. 

Hal ini disampaikan Deputi Bidang Pelatihan, Penelitian dan Pengembangan BKKBN, Prof. drh. M.Rizal M Damanik, MRep.Sc, PhD saat menjadi narasumber podcast, tayang di Youtube Balai Diklat KKB Banyumas, Jumat (29/09/2023)

Menurutnya melalui pelatihan kepemimpinan ini diharapkan sumber daya manusia atau pegawai BKKBN bisa memiliki pengetahuan dan pemahaman  terkait pelayanan yang berkualitas serta bisa mengikuti perkembangan karena kebutuhan masyarakat juga sangat dinamis.

“Sebagai ASN (Aparatur Sipil Negara) yang pertama harus dimiliki adalah rasa bangga mengemban profesi ini karena kalau sudah memiliki ini pasti kita akan muncul rasa happy atau senang menjalaninya. Selanjutnya tentunya kita harus terus mengasah dan memotivasi diri dengan meningkatkan kapasitas, kompetensi diri dan program,” ujar Rizal.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tahun 2023 yang diselenggarakan di Balai Diklat KKB Banyumas, diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari 28 unit kerja BKKBN pusat maupun perwakilan BKKBN Provinsi di seluruh Indonesia. Mereka merupakan ASN terpilih di lingkungan BKKBN yang menduduki jabatan struktural dan juga berasal dari jabatan fungsional tertentu yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki Kompetensi Kepemimpinan Manajemen Kinerja sebagai upaya memenuhi standar kompetensi manajerial Pengawas. Peserta PKP nantinya diharapkan bisa membuat aksi perubahan atau sebuah inovasi di unit kerja yang tujuannya dapat meningkatkan layanan publik.

Penulis : Tri Setyo Rachmanto


Bagikan

Berita Lainnya