Rektor ITTP Purwokerto Beri Ceramah Berpikir Kreatif dalam Pelayanan Publik

31 August 2023

05:38:00

Banyumas - “Tuntutan masyarakat, perkembangan informasi yang cepat, adanya keinginan serta kesempatan untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat. Menjadikan ASN (Aparatur Sipil Negara) harus mampu berpikir kreatif untuk dapat menciptakan inovasi yang baru.”

Hal ini disampaikan oleh Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom, MT, saat memberikan Ceramah Berpikir Kreatif dalam Pelayanan pada Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP), Rabu (30/8).

Menurut Tenia, kreatifitas berkaitan dengan apa yang kita pelajari, bertemu dan bergaul dengan banyak orang dan tentunya melalui banyak membaca, atau juga mempelajari serta mengamati pelayanan-pelayanan yang dilakukan di instansi atau lembaga-lembaga lain.

“Salah satu ciri orang mampu berpikir kreatif adalah tidak takut dikatakan berbeda dan sabar dalam menemui kegagalan. Thomas Alva Edison menemukan filamen lampu pijar juga melalui proses seribuan kali percobaan. Apabila kita tidak bisa merealisasikan bisa jadi karena sumber daya nya yang tidak ada atau bisa jadi kita yang kurang sabar,” ujar nya.

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tahun 2023 ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari 28 unit kerja BKKBN pusat maupun perwakilan BKKBN Provinsi di seluruh Indonesia. Mereka merupakan ASN terpilih di lingkungan BKKBN yang menduduki jabatan struktural dan juga berasal dari jabatan fungsional tertentu yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki Kompetensi Kepemimpinan Manajemen Kinerja sebagai upaya memenuhi standar kompetensi manajerial Pengawas. Peserta PKP nantinya diharapkan bisa membuat aksi perubahan atau sebuah inovasi di unit kerja yang tujuannya dapat meningkatkan layanan publik.

 Kerjasama Balai Diklat KKB Banyumas dan ITTP Purwokerto

Terkait kerjasama Balai Diklat KKB Banyumas dan ITTP Purwokerto, yang telah terjalin sejak tahun 2022, dan sudah melakukan banyak kegiatan seperti pembuatan website, pelatihan pembuatan video kreatif bagi penyuluh KB serta pendampingan pengelolaan studio audio visual Balai Diklat KKB Banyumas.

Rektor Institut Teknologi Telkom Purwokerto (ITTP), Dr. Tenia Wahyuningrum, S.Kom, MT berharap kerjasama yang sudah terjalin dengan BKKBN melalui UPT Balai Diklat KKB Banyumas tidak berhenti pada selembar kertas saja namun bisa terus dikembangkan karena perguruan tinggi memiliki kewajiban pengabdian pada Masyarakat.

Penulis : Tri Setyo Rachmanto

 

Bagikan

Berita Lainnya