BKKBN Jateng Latih 1719 Orang Pelaksana PPKS Kabupaten Kota

16 July 2023

19:56:00

Semarang - Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Tengah bersama UPT Balai Diklat Kependudukan dan KB (KKB) Ambarawa, Banyumas dan Pati meyelenggarakan Pelatihan Teknis bagi Pelaksana Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) Kabupaten Kota dengan metode pembelajaran terpadu (Blended Learning) pada 15-22 Juli 2023

Sekretaris Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah, Sri Rahayu, SKM, MM dalam sambutannya Senin (17/07/2023) mengungkapkan, “Kegiatan ini sebagai salah satu upaya BKKBN mengoptimalkan pelayanan PPKS agar bisa sesuai standar pelayanan publik melalui pengembangan kompetensi para pelaksana PPKS di tingkat Kabupaten dan Kota.”

Untuk mendekatkan layanan PPKS pada masyarakat menurutnya pengelolaan PPKS telah dibangun pada Balai Penyuluhan KB dengan bekerjasama dengan mitra kerja di tingkat kecamatan. 

“PPKS merupakan wadah kegiatan terpadu yang dibentuk BKKBN melalui kegiatan pelayanan keluarga yang dilaksanakan dalam bentuk komunikasi, informasi dan edukasi, konsultasi dan konseling, pembinaan serta rujukan,” tambahnya.

PPKS diharapkan dapat memberikan minimal delapan jenis pelayanan. Pelayanan tersebut yakni: Pelayanan data dan informasi Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga; Konsultasi dan Konseling Keluarga Balita dan Anak; Konsultasi dan Konseling Keluarga Remaja dan Remaja; Konsultasi dan Konseling Pra Nikah; Konsultasi dan Konseling Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi; Konsultasi dan Konseling Keluarga Harmonis; Konsultasi dan Konseling Keluarga Lansia dan Lansia; Pembinaan Pemberdayaan Ekonomi Keluarga. 

Pelatihan Teknis bagi Pelaksana  PPKS Kabupaten Kota se Provinsi Jawa Tengah kali ini dilaksanakan dalam 4 angkatan pada 4 lokasi pelatihan, dengan peserta berasal dari Kabupaten Pemalang, Magelang Sragen, Jepara dan Brebes. Menggunakan metode pembelajaran terpadu selama 7 hari (2 hari Belajar Mandiri, 2 hari pendalaman materi secara daring dan 3 hari luring) dengan total jam pembelajaran (JP) 65 JP.

Tahun 2023 ini Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah menargetkan peserta sejumlah 1719 orang yang terbagi dalam 43 angkatan. Jumlah peserta tiap angkatan terdiri dari 35 – 45 orang. Berasal dari pengelola  atau pelaksana PPKS dari unsur Penyuluh KB / PLKB serta pelaksana PPKS dari unsur non Penyuluh KB.

Penulis: Tri Setyo Rachmanto 


Bagikan

Berita Lainnya