Orientasi Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Elsimil 2.0 bagi Fasilitator Kabupaten/Kota

22 February 2023

22:09:01

Orientasi Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Elsimil 2.0 bagi Fasilitator Kabupaten/Kota

Banyumas - Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menargetkan pada bulan Maret 2023 Tim Pendamping Keluarga (TPK) di seluruh Indonesia dapat diberikan pelatihan. Hal ini dilakukan agar TPK memiliki pemahaman sehingga dapat secara optimal melakukan pendampingan pada calon pengantin, Ibu hamil, bayi berisiko stunting, agar target penurunan prevalensi stunting di angka 14 persen pada 2024 bisa tercapai.

Mendukung hal tersebut UPT Balai Diklat KKB Banyumas telah menyelenggarakan Orientasi Optimalisasi Penggunaan Aplikasi Elsimil 2.0 dalam rangka percepatan penurunan stunting secara daring pada 23-28 Februari 2023. Kegiatan ini diikuti oleh calon Fasilitator dari 8 Kabupaten/Kota (Banyumas, Banjarnegara, Brebes, Cilacap, Purbalingga, Tegal, Kota Tegal dan Wonosobo) dengan total peserta 178 orang, diselenggarakan dalam empat angkatan.

Kepala UPT Balai Diklat KKB Banyumas, Umi Hidayati mengungkapkan, “Fasilitator tingkat Kabupaten Kota setelah orientasi ini, harus segera melakukan pelatihan pada TPK di tiap Desa dan Kecamatan dengan materi yang disampaikan seperti, konsep dasar stunting dan 1000 HPK; mekanisme kerja TPK; penggunaan aplikasi elsimil; kamping KB; serta komunikasi antar pribadi dalam pendampingan keluarga.

Bagikan

Berita Lainnya