Kepala BKKBN Buka Pembelajaran Klasikal Pelatihan Kepemimpinan Pengawas

28 August 2023

02:46:00

Kepala Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Dr. (HC), dr. Hasto Wardoyo, Sp.OG (k) membuka pembelajaran klasikal Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) di Balai Diklat KKB Banyumas, Senin (28/08/2023).

Dalam sambutannya secara daring Kepala BKKBN mengungkapkan, “Penting sekali membangun karakter, kita bisa mulai dengan meneladani nilai-nilai yang dimiliki para Pahlawan yakni hidup sederhana, Ikhlas dan visioner. Harus terus belajar, kemudian memiliki kemampuan dan mental yang kuat dengan selalu mengasah diri meningkatkan pengetahuan, untuk nantinya bisa memiliki sebuah keterampilan dan tentunya didukung juga dengan moral, etika yang baik.”

Menurutnya ASN BKKBN juga harus smart dengan adaptif terhadap teknologi untuk meningkatkan kinerja organisasi dan pelayanan publik yang lebih cepat, akurat, dan efisien. Harus memiliki integritas, nasionalisme, profesionalisme, berwawasan global, menguasai teknologi informasi dan bahasa asing, berjiwa hospitality, berjiwa entrepreneurship, dan memiliki jaringan luas.

“Peserta PKP nantinya harus bisa membuat aksi perubahan atau sebuah inovasi di unit kerja yang akhirnya bisa merubah mindset, karena dengan merubah mindset  bukan hanya sekedar inovasi tapi menjadi sebuah revolusi. Dengan perubahan mindset nantinya bisa menghasilkan kinerja yang lebih baik.”

Pelatihan Kepemimpinan Pengawas (PKP) tahun 2023 ini diikuti oleh 40 orang peserta yang berasal dari 28 unit kerja BKKBN pusat maupun perwakilan BKKBN Provinsi di seluruh Indonesia. Mereka merupakan ASN terpilih di lingkungan BKKBN yang menduduki jabatan struktural dan juga berasal dari jabatan fungsional tertentu yang telah memenuhi syarat dan ketentuan.

Pelaksanaan Kegiatan PKP meliputi 6 tahapan yang dimulai pada tanggal 20 Juli dan akan berakhir tanggal 17 November tahun 2023. Tahapan tersebut diantaranya: belajar mandiri, distance learning, membangun komitmen Bersama, pembelajaran klasikal, implementasi aksi perubahan dan seminar akhir aksi perubahan. 

Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan ini bertujuan untuk menghasilkan pemimpin yang memiliki Kompetensi Kepemimpinan Manajemen Kinerja sebagai upaya memenuhi standar kompetensi manajerial Pengawas, yang pelaksanaannya diatur dalam Keputusan Kepala Lembaga Administrasi negara (LAN) Negara Republik Indonesia Nomor: 2/K.1/PDP.07/2023 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelatihan Struktural Kepemimpinan.

Mengakhiri sambutannya Kepala BKKBN berharap peserta PKP nantinya mampu memahami secara mendalam isu-isu strategis dan implikasinya pada Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana), serta aktif mendiskusikan isu-isu strategis dan implikasinya terhadap apa yang menjadi tugas kita. Dengan pemahaman yang baik terhadap isu-isu strategis sangat membantu kita untuk menghasilkan kebijakan untuk menyelesaikan masalah dengan baik.

Penulis : Tri Setyo Rachmanto


Bagikan

Berita Lainnya