Pelatihan Pembekalan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK)

10 October 2023

09:22:00

Banyumas - Sebagai salah satu upaya memberikan pengenalan tugas dan fungsi Aparatur Sipil Negara (ASN) serta memberikan pengenalan nilai dan etika di BKKBN, UPT Balai Diklat KKB Banyumas melaksanakan kegiatan Pelatihan Pembekalan bagi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK).

“Saat ini Saudara akan mengikuti pelatihan berbasis pengenalan nilai dan etika pada instansi pemerintah yakni BKKBN. Sebagai ASN BKKBN harus mengenal dan memahami Program Bangga Kencana, mengenal Susunan Organisasi dan Tata Kerja BKKBN, Jabatan, Fungsi dan tugas ASN di Tempat Jabatan serta menerapkan nilai-nilai ASN,” ungkap Kepala UPT Balai Diklat KKB Banyumas, Umi Hidayati, SH, MM dalam sambutan pembukaan, Senin (09/10/2023).

UPT Balai Diklat KKB Banyumas menyelenggarakan pelatihan pembekalan atau orientasi secara daring dengan peserta sejumlah 90 orang terbagi dalam dua Angkatan (5 dan 6).  Peserta berasal dari Provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Total jumlah PPPK BKKBN yang dilatih tahun 2023 adalah 810 peserta (18 Angkatan) yang diselenggarakan di  Pusdiklat KKB dan 8 UPT Balai Diklat KKB.

Peserta Pelatihan mendaptakan beberapa materi seperti Materi Program Bangga Kencana; Pengenalan Susunan Organisasi dan Tata Kerja; Pengenalan Jabatan; Pengenalan Mekanisme Kinerja Organisasi; Penerapan Fungsi dan Tugas ASN di Tempat Kerja melalui nilai-nilai ASN

Menurut Umi Hidayati setelah kegiatan ini selanjutnya peserta akan mengikuti MOOC (Massive Open Online Course) dai Lembaga Administrasi Negara (LAN), akan membahas mengenai pengenalan fungsi dan tugas ASN meliputi sikap perilaku bela negara, nilai-nilai dasar ASN serta kedudukan dan peran PPPK mendukung terwujudnya smart governance

“Melalui pelatihan atau orientasi ini saya berharap PPPK dapat cepat beradaptasi dan menjawab harapan publik. Penting untuk membangun kesiapan mental dengan menyerap nilai-nilai yang diajarkan, menginternalisasikannya dengan penuh kesadaran, serta mengaktualisasikannya dalam pelaksanaan tugas sehari-hari sesuai bidang tugasnya masing-masing,” pungkas Umi.

Penulis : Tri Setyo Rachmanto


Bagikan

Berita Lainnya